Any Sulistyowati


Catharina Any Sulistyowati adalah LEAD Indonesia Fellow (1998-2000) dan Donella Meadows Leadership Fellow (2007-2008). Sempat mengambil S1 di Jurusan Teknik Penerbangan, Institut Teknologi Bandung (1991-1995) dan S2 dalam Bidang Studi Pembangunan dari Institute of Social Studies, Den Haag, Negeri Belanda (2000-2001).

Sejak lulus sampai sekarang fokus bekerja di sektor sosial. Pengalamannya antara lain: mengembangkan ELSPPAT (Lembaga Studi Pembangunan dan Pelayanan Teknologi) di Bogor (1995-2000), mendirikan dan mengembangkan KAIL (Kuncup Padang Ilalang) di Bandung (2002-sekarang). KAIL adalah LSM yang berfokus pada peningkatan kapasitas individu dan kelompok agar peduli dan secara efektif bertindak untuk penyelesaian persoalan-persoalan di masyarakat, antara lain persoalan sosial dan lingkungan.

Sepanjang karirnya, ia telah memfasilitasi proses belajar dan perencanaan aksi untuk berbagai  kalangan, seperti kaum muda, rakyat miskin kota, pemimpin kampung, ibu-ibu, pemerintah serta pekerja sosial baik di tingkat lokal sampai internasional. Peran utama yang sedang dijalani saat ini adalah: (1) memfasilitasi komunitas/ organisasi/ kelompok untuk membuat visi bersama dan perencanaan untuk membangun dunia yang lebih berkelanjutan, (2) menuliskan inisiatif-inisiatif untuk membangun dunia yang lebih berkelanjutan, (3) membangun pusat belajar (Rumah KAIL) untuk memfasilitasi proses berbagi dan belajar antar individu dan organisasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...